Laman

Selasa, 16 November 2010

daniel 7

PART ONE.

7:1 Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar, raja Babel, bermimpilah Daniel dan mendapat penglihatan-penglihatan di tempat tidurnya. Lalu dituliskannya mimpi itu, dan inilah garis besarnya:
7:2 Berkatalah Daniel, demikian: "Pada malam hari aku mendapat penglihatan, tampak keempat angin dari langit mengguncangkan laut besar,
7:3 dan empat binatang besar naik dari dalam laut, yang satu berbeda dengan yang lain.

Empat ekor binatang itu melambangkan empat kerajaan yang akan muncul (ayat 17). Raja dimaksud juga kerajaan, kata yang dipakai bergantian dalam nubuatan ini.

Apakah yang dilambangkan sebagai angin?
Keributan, kegemparan, peperangan (Yer. 25:31-33; 49:36, 37). Sebagai akibat adanya keempat angin ini, kerajaan-kerajaan bergolak, bangun dan runtuh.

Apakah yang dilambangkan dengan air (laut besar)?
Wahyu 17:15 Lalu ia berkata kepadaku: "Semua air yang telah kaulihat, di mana wanita pelacur itu duduk, adalah bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa.

Artinya, keempat kerajaan akan muncul dari daerah yang berpenduduk banyak, dari tengah rakyat, kaum, bahasa dan bangsa.

Dalam Daniel pasal 2 hanya mengungkapkan garis besar kerajaan-kerajaan besar dunia yang akan berkuasa, sebelum datangnya kerajaan Allah yang kekal. Dalam Daniel pasal 7, pemerintahan-pemerintahan dunia digambarkan lebih spesifik dengan lambang-lambang binatang liar dan buas. Yang terpenting adalah bagian yang terakhir, yang menindas dan menganiaya umat Allah.

Siapakah yang dilambangkan sebagai binatang yang pertama itu?
7:4 Yang pertama rupanya seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali; aku terus melihatnya sampai sayapnya tercabut dan ia terangkat dari tanah dan ditegakkan pada dua kaki seperti manusia, dan kepadanya diberikan hati manusia.

Seperti juga kepala emas, yang termulia diantara semua logam, demikian juga singa adalah raja atau kepala binatang buas, melambangkan pemerintahan kerajaan Babel, mempunyai sayap burung mengartikan kecepatan Babel mencapai puncak kekuasaannya dibawah Nebukadnezar yang memerintah sejak 605 STM ~ 562 STM

Siapakah yang dilambangkan sebagai binatang yang kedua itu?
7:5 Dan tampak ada seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang; ia berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Dan demikianlah dikatakan kepadanya: Ayo, makanlah daging banyak-banyak.

Inilah kerajaan Media Persia, yang dilambangkan dengan kerajaa perak di Daniel 2. Beruang melambangkan binatang buas yang haus darah, demikianlah kekejaman kerajaan ini. Berdiri pada salah satu sisinya, menggambarkan kerajaan Persia yang lebih kuat dan jaya dari pada Media.

Siapakah yang dilambangkan sebagai binatang yang ketiga itu?
7:6 Kemudian aku melihat, tampak seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul; ada empat sayap burung pada punggungnya, lagi pula binatang itu berkepala empat, dan kepadanya diberikan kekuasaan.

Inilah kerajaan “tembaga” di Daniel 2, Gerika (Greece) dilambangkan sebagai seekor macan tutul dengan 4 sayap burung dipunggungnya, melambangkan kecepatan pergerakan penaklukan Gerika atas bangsa-bangsa dan kerajaan lain.
Dalam kurun waktu 8 tahun Alexander the Great, raja terbesar dari Gerika, telah mengalahkan dan menguasai daerah seluas 2 juta mil persegi yang berpenduduk +/- 20 juta orang. Menaklukkan Asia kecil, menumbangkan Persia yang dibangun Koresyi yang agung, menaklukkan suku-suku liar didataran tinggi Iran dan yang lebih beradab di lembah Indus.

Binatang ini mempunyai empat kepala.
Selama hidup Alexander the Great, Gerika bersatu dibawah kepemimpinannya, setelah ia wafat tahun 323 STM, tak lama kemudian kerajaannya pecah menjadi empat masing-masing dipimpin oleh salah satu dari keempat jendralnya.

Siapakah yang dilambangkan sebagai binatang yang keempat itu?
7:7 Kemudian aku melihat dalam penglihatan malam itu, tampak seekor binatang yang keempat, yang menakutkan dan mendahsyatkan, dan ia sangat kuat. Ia bergigi besar dari besi; ia melahap dan meremukkan, dan sisanya diinjak-injaknya dengan kakinya; ia berbeda dengan segala binatang yang terdahulu; lagipula ia bertanduk sepuluh.

Apakah yang dikatakan tentang binatang ini?
7:23 Maka demikianlah katanya: Binatang yang keempat itu ialah kerajaan yang keempat yang akan ada di bumi, yang akan berbeda dengan segala kerajaan dan akan menelan seluruh bumi, menginjak-injaknya dan meremukkannya.
Tepat sekali, sejarah dunia membuktikan kuasa dan kebesaran kerajaan keempat ini yaitu Roma (Kerajaan “besi” di Daniel 2), yang mengalahkan Gerika pada perang di Pydna tahun 168 STM dan mengambil alih daerah kekuasaan mereka. Kerajaan yang keras dan kejam dan raja-rajanya memerintah dengan tangan besi.

Tetapi akhirnya kerajaan ini runtuh juga, tetapi tidak oleh peperangan dan penaklukan seperti tiga kerajaan terdahulu, melainkan oleh kelemahan, keserakahan dan perpecahan. Ia terpecah menjadi sepuluh kerajaan (476 TM) yang dilambangkan oleh sepuluh tanduknya, kerajaan-kerajaan yang sudah disebut di Daniel 2.

In His love

Tidak ada komentar:

Posting Komentar